Breaking News

Destinasi Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Tanah Mandar


Caption Potret pemandangan pantai Mandar


Citizen Journalist | Setiap daerah kabupaten maupun kota, pasti memiliki tempat wisata favorite untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tak terkecuali Sulawesi Barat, tepatnya di Polewali Mandar dan sekitarnya. Selain tempat wisata favorit terdapat juga budaya atau tradisi yang kerap kali bisa kita jumpai apabila berkunjung ke kota itu.

Daerah yang dominan masyarakatnya islam, ternyata memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan kota lain. Didukung  dengan panorama alam pegunungan dan deretan pantai yang berjeran di sepanjang wilayah daerah tersebut

Pantai Bahari Polewali

Berada di Wilayah Mammi Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar Sulbar ini menjadi salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi masyarakat mandar. Dengan disuguhi pantai yang begitu bersih dan panorama alam yang sangat menarik di pandang mata. Tak hanya itu pantai bahari ini menjadi lokasi mencari kuliner terbaik di kabupaten

Polewali Mandar, Sulbar.

Rawa Bangun

Destinasi Rawa bangun ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati alam pegunungan. Terletak di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, Polman Sulawesi Barat ini menyajikan sumber air pegunungan yang segar dan sangat cocok dijadikan tempat liburan apabila berkunjung di Sulawesi Barat. 

Selain itu tersedia juga aneka macam makanan khas yang bisa kita cicipi sambil menikmati kolam renang dari sumber air pegunungan. Di Rawa Mangun ini terdapat gazebo yang bisa kita gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, teman maupun sahabat untuk bertukar cerita. Selain itu kita bisa melakukan terapi saraf dengan menggunakan ikan kecil.

Masjid Imam Lapeo

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Kota Mandar tidak mampir ke Masjid ini, masjid yang terletak di Desa Lapeo kecamatan Campalagia Polewali Mandar Sulbar. Di dalam area mesjid terdapat makam Imam lapeo yang masih sering dikunjungi oleh masyarakat maupun orang-orang yang sedang berkunjung ke Mandar untuk berziarah dan berdoa.

Imam lapeo sendiri adalah orang yang telah membangun Masjid Nurut Taubah ini dan orang pertama yang menyebarkan Islam di tanah Mandar.

Museum Mandar


Museum mandar yang terletak di jl.Raden suradi, Kabupaten Majene ini merupakan tempat yang wajib juga kita kunjungi apabila berkunjung ke Mandar. Semua informasi tentang Mandar ada di museum tersebut termasuk alat tradisional, baju khas mandar dan lain-lain.

Budaya Sayyang Pattudu

Sayyang pattudu atau kuda menari ini bisa kita jumpai di perayaan-perayaan besar maupun festival. Kuda yang dihias sedemikian rupa diiringi tabuhan rebana akan bergerak mengikuti dentunan rebana, kuda ini ditunggani oleh pesawe dengan menggunakan baju Pokko khas Mandar.

Perahu Sandeq

Sandeq merupakan Ikon di kota Mandar. Masyarakat mandar pasti sudah tidak asingdengan sandeq. Umumnya sandeq digunakan untuk menangkap ikan, namun sudah bertahun-tahun sandeq kini digunakan untuk festival saja. Sandeq dibuat runcing agar bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Penulis : Bela Azzahrah

0 Komentar

© Copyright 2022 - citizenjournalists