Breaking News

Tanggapan Ketua DPD PPWI BABEL,Terkait Aksi Damai di Kecamatan Perittiga,Bangka Barat.

 

Foto : Ali Rachmansyah,Ketua DPD PPWI BABEL

CITIZEN JOURNALIST - PANGKALPINANG,Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia ( DPD PPWI) Babel Ali Rachmansyah turut angkat bicara serta Tanggapan terkait Aksi Damai  yang digelar di Lapangan Kimjung, Jalan Kimjung Parittiga,Bangka Barat. Minggu, 14/05/2023)

Gelar Aksi damai yang diinisiasi oleh Ormas setempat dan dihadiri oleh warga masyarakat pelaku tambang dan pelaku perkebunan pada jumat (12/05) lalu terkaitt adanya dugaan Pemerasaan yang dilakukan oleh Oknum Wartawan kepada sebagian warga masyarakat Parittiga.

Dalam hal ini,Ketua DPD PPWI Babel Ali Rachmansyah  turut menyikapi  dengan memberikan tanggapan  kepada team media.

"Kami dari DPD PPWI Babel ingin memberikan pandangan bahwa Profesi Jurnalis merupakan Profesi yang mulia. 

Kami para jurnalis mempunyai Fungsi sebagai Sosial Kontrol di masyarakat, dan merupakan tugas kami dalam melakukan investigasi kelapangan, dengan tujuan untuk menggali , mengumpulkan data, melakukan konfirmasi ke narasumber dan memberitakanya" Papar Ali Rachmansyah.

Ketua DPD PPWI  Babel inipun menyayangkan atas sikap dan pemberian label Wartawan Bodrek atau Abal-abal kepada Para Jurnalis dilapangan atas dasar ketidaksukaan.

"Jika ada merasa terusik, terancam apalagi diperas, kenapa tidak melapor, Saya yakin, jika memang laporan itu benar, dan alat - alat bukti menguatkan, Aparat Kepoliskan akan tanggap dan merespon laporan tersebut"Ucap Ali Rachmansyah

Kami Pun lanjut Ali, mengutuk keras apabila benar memang ada Pemerasan, kami siap mengawal untuk melaporkan, tetapi jika tidak ada kejadian pemerasan, janganlah menciptakan kondisi bahwa telah diperas oleh oknum wartawan. 

PPWI merupakan organisasi non-pemerintah dan independen yang menghimpun seluruh pewarta warga Indonesia lintas profesi tanpa pengecualian apa pun, di bawah komando Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA menentang segala sikap persekusi, maupun sikap diskriminatif terhadap Profesi jurnalis.

Ketua DPD PPWI Babel inipun menegaskan,swrta berharap kepada semua pihak  agar tidak memecah belah profesi jurnalis dengan beragam opini yang tidak mendasar.

"Kami berharap, janganlah  memecah belah profesi kami dengan membenturkan dan menggiring  beragam opini dengan menyematkan labelisasi wartawan  Bodrex ataupun  wartawan kompeten" Harap Ali

"Karena  masih kata Ali,menurut hemat kami,ikut tidaknya seorang wartawan  dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) priduk Dewan Pers itu merupakan hak dari para jurnalis itu sendiri." 

"UKW  bukanlah ukuran atau  parameter bagi seorang wartawan untuk mendapat pengakuan sebagai wartawan profesional atau tidak profesional." Imbuhnya

Dan terakhir, harapan kami jagalah kondusifitas Babel ini, jangan terprovokasi dengan situasi yang sengaja diciptakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. Tutup Ali Rachmansyah.

(CJ Team)


0 Komentar

© Copyright 2022 - citizenjournalists